Cara Mudah Menggunakan GPS garmin 60CSX atau 76CSx

GPS (Global Positioning System) merupakan alat yang wajib dimiliki oleh para surveyor, Explorer, climber, navigator laut dan udara hingga masyarakat umum. Karena dengan alat ini kita bisa melakukan pengamatan, menentukan lokasi geografis dan survei track perjalanan dengan mudah. Fungsi sebuah altimeter sebagai alat pengukur ketinggian suatu lokasi dan fitur kompas untuk menentukan arah azimuth. Semua itu sudah mewakili apa yang ada di dalam alat penerima sinyal satelit GPS.

Mungkin sobat disini ada yang bertanya "Cara menggunakan GPS itu susah gak sih ?" Sebenarnya jika kita sudah terbiasa menggunakannya, maka akan mudah sekali dalam pengoperasiannya. Dan apabila sobat baru pertama kali menyentuh alat navigasi ini. Berikut saya akan mencoba memberikan tutorial bagaimana cara menggunakan alat navigasi merk garmin.

Pada dasarnya cara penggunaan GPS garmin semua sama pada setiap serinya. Namun kali ini kita akan ambil contoh pada penggunaan GPS garmin seri 76CSx. Kenapa harus 76CSx ? Karena 76CSx sudah mewakili hampir semua seri GPS merk garmin dan fiturnya juga lumayan lengkap.

cara menggunakan gps map garmin 76csx atau 60 csx


Pemasangan Baterai

Sebelum memulai silahkan pasang baterai terlebih dahulu. GPS Garmin 76CSx beroperasi dengan memakai dua baterai AA yang terpasang di belakang body. Begini cara memasang baterai pada GPS 76CSx:

  • Buka penutup baterai dengan cara memutar kunci penutup baterai secara berlawanan arah pada putaran jarum jam, lalu tarik penutup baterai hingga bisa dibuka.
  • Masukan baterai seperti biasa kemudian tutup kembali kunci penutup baterai seperti semula.
  • Jika sobat tidak memakai GPS tersebut selama jangka waktu lewat dari sebulan, lebih baik lepaskan saja baterainya. Jangan kuatir data yang tersimpan tidak akan bisa hilang atau terhapus.


Pemasangan MicroSD

MicroSD berguna untuk menyimpan file, foto dan peta digital yang terketak di bawah baterai.
Untuk memasang atau melepas microSD, silahkan buka penutup baterainya terlebih dahulu. Caranya sama seperti langkah di atas (Pemasangan Baterai).
Selanjutnya cari microSD di dalam slot bawah baterai dan kemudian tekan perlahan tepi atas micro SD sampai bunyi "KLIK". Cara melepasnya pun sama ketika melakukan pemasangan microSD, yaitu tekan perlahan hingga bunyi "KLIK" dan biarkan sampai kartu terlepas.

bagian depan dan belakang gps garmin 76csx

Nama Tombol GPS Garmin (Bagian GPS)

Tombol Zoom in/Out, Tombol Find/Mob, Tombol Power, Tombol Quit, Tombol Roker, Tombol Page, Tombol Menu, Tombol Enter/Mark.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini..


nama tombol gps garmin 76csx

Mengatur Kontras dan Cahaya pada Layar

Jika sobat tidak bisa melihat layar GPS garmin ketika waktu malam atau siang hari, silahkan atur terlebih dahulu brightness dan contrast dari "Backlight".

  • Tekan dan lepaskan tombol POWER (jangan terlalu lama).
  • Tekan tombol ROCKER ke atas atau ke bawah untuk meningkatkan dan mengurangi cahaya/meredupkan layar.
  • Tekan tombol ROCKER ke kiri atau ke kanan untuk menentukan tingkat kekontrasan layar.
  • Tekan ENter atau Quit untuk menutup atau keluar.


Memulai Inisialisasi Penerimaan GPS

Sebelum bisa memulai menggunakan GPSmap garmin 76CSx, sobat harus menunggu terlebih dahulu hingga ada tulisan "The GPS to intialize" pada layar GPS. Proses tersebut berarti perangkat telah mengijinkan GPS 76CSx untuk menerima dan menyimpan data satelit dan kemudian kita bisa memulai menggunakan satelit untuk navigasi. Proses awal ini terjadi secara otomatis dan hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Unit GPS memerlukan satelit untuk bisa memulai beroperasi. Untuk itu bawalah GPS ketempat terbuka hingga menemukan sinyal satelit. Ketika Unit sedang mencari, di layar GPS akan tertulis "Locating Satellites". Setelah GPS mendapatkan sinyal satelit maka akan menampilkan berita "Acquiring Satellites" posisinya akan terus menyesuaikan hingga akurasi tertentu. Titik lokasi yang ditempati sobat sekarang akan tampil dan tercatat dalam bentuk koordinat yang terlihat di puncak "Page".

Jika GPS tidak mendapatkan sinyal (sinyal lemah), maka akan muncul jendela menu pilihan solusi. Pilih menu tersebut dan kemudian tekan ENTER. Cobalah untuk bergerak menuju ke suatu bangunan tinggi, pohon atau rintangan lain. Mengaculah ke "Owner's Manual Book" untuk informasi lebih lengkapnya.

Menampilkan Halaman Utama

GPSmap 76CSx mampu menampilkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk navigasi dihalaman utama (layar tampilan). Terdapat 5 halaman utama yang bisa ditemukan antara lain Satelit, Trip Computer, Peta, Compas, Altimeter dan Main Menu. Tekan tombol Page Key untuk melihat halaman yang di inginkan.

Memasukan Data

Sobat bisa menggunakan tombol ROCKER dan ENTER untuk memasukan atau mengubah data. Untuk membidik "The Field" yang ingin diubah, silahkan tekan tombol ROCKER ke kiri, kanan, atas dan bawah. Untuk memilih "The Field" tekan tombol ENTER, kemudian gunakan tombol ROCKER untuk memilah suatu pilihan dari sebuah Menu dan kemudian tekan tombol ENTER.

Disini sobat bisa memasukan kata dan nomer dengan bantuan ROCKER dan on-screen keyboard. Untuk memasukan data, gunakan ROCKER untuk membidik sebuah kata nama dan nomer. Untuk memilih kata nama dan nomer yang sudah dibidik tekan saja ENTER. Teruskan pemilihan kata dengan ROCKER dan ENTER. Jika sudah selesai bidik "OK" dan tekan tombol ENTER.

Menentukan Penandaan (Waypoint)

Dengan Waypoint sobat bisa menyimpan setiap titik pada Map Page di memori yang nantinya digunakan sebagai arah untuk navigasi. Kemudian sobat juga bisa menciptakan sebuah waypoint di lokasi saat ini, nama waypoint dan kemudian menyimpannya digunakan dalam sebuah route. Begini cara menentukan waypoint:

  • Tekan tombol ENTER sampai halaman mark waypoint muncul.
  • Tekan ENTER pada waypoint name dan simbol untuk mengganti waypoint dan waypoint symbol sesuai dengan keingingan sobat.
  • Setelah semua selesai pilih "OK" kemudian tekan ENTER.


Menciptakan dan Menampilkan Track

Track dapat diterjemahkan dalam bentuk sebuah jejak kaki. Jejak kaki ini ditampilkan dengan teliti kearah manapun ketika sobat bergerak. Track ini tampak seperti titk-titik pada layar "Map Page". GPS Garmin 60CSx/76CSx akan secara otomatis mencatat track dari perpindahan atau pergerakan sobat dan ditampilkan dalam bentuk garis bertitik atau yang disebut dengan "a track log".  Untuk membuat track adalah dengan cara sebagai BERIKUT:

  • Tekan timbil menu dua kali kemudian pilih Track.
  • Pilih clear (Jika precentage of memory in use belum 0%), lalu tekan ENTER. Kemudian akan muncuk konfirmasi dan pilih OK.
  • Ketika track mencapai 0%, maka track baru siap digunakan.
  • Untuk membuat track baru, sobat dapat memilih ON kemudian tekan ENTER.
  • Jika track selesai, simpan track dengan cara memilih menu SAVE kemudian tekan ENTER.


Cara Mencari Tempat

Sobat bisa menggunakan "Find Page" agar dapat mencari Waypoints, Geocache poinrs dan cities. Jika sobat sudah menyimpan data tersebut, maka sobat bisa mencarinya kembali.
Cara menemukan Waypoint:

  • Tekan FIND maka Find page akan tampil, Kemudian bidik Waypoint lalu tekan ENTER. Gunakan ROCKER untuk menampilkan daftar nama dan bidik Waypoints yang ingin sobat dapatkan. Pilih Waypoint dengan menekan ENTER, maka layar informasi Waypoint akan tampil.
  • Untuk membidik map gunakan ROCKER dan jika sobat ingin melihat Waypoint di peta tekan ENTER. Kemudian pilih "Go to" untuk memulai navigasi.


Cara Menciptakan Rute


Rute adalah arah sebuah garis dari satu titik ke titik lainnya, atau dari satu titik ke beberapa titik lainnya. Sobat bisa membuat sebuah garis rute sederhana, yaitu dengan mendapatkan sebuah Waypoints dan mengaktifkan "go to". Tidak hanya demikian, disini sobat juga bisa menciptakan sebuah rute yang lebih kompleks (melibatkan banyak titik) dengan "Routes Page". Cara membuat rute adalah sebagai berikut:

  • Tekan MENU dua kali, kemudian pilih "Routes".
  • Pilih New, lalu pilih Next Point.
  • Gunakan Menu Find untuk memilih rute Waypoints dari salah satu Find groups.
  • Pilih Select next pount untuk menambahkan waypoint ke dalam rute. Tentukan waypoint yang akan digunakan  (Recent Finds / Waypoints / Cities / Geochache / marine). Pilih waypoint yang sobat inginkan tersebut dan kemudian ENTER lalu pilih Use, tekan ENTER lagi (Lakukan seperti itu terus sampai seluruh waypoint yang dibutuhkan semuanya ada).
  • Pilih Navigate, lalu tekan ENTER.
  • Pilih Follow Road (apabila rute tersebut dibuat  mengikuti jalan) atau off road (apabila rute yang dibuat tidak mengikuti jalan).


Cara Menghitung Luas Area

GPSMap Handheld 60CSx/76CSx sangat cocok digunakan sebagai alat pengukur di lapangan. Disini sobat bisa menentukan luas daerah lahan pertanian, pertambangan, pemukiman, pertanahan dan lain sebagainya. Namun secara default fitur menghitung luas belum ada di GPSmap 60CSx/76CSx, maka dari itu kita harus men-setingnya sendiri dengan cara manual. Caranya adalah sebagai berikut:
Hidupkan unit GPSmap 60CSx atau 767CSx, tunggu hingga terhubung dengan sinyal satelit. Apabila indikator sinyal satelit sudah muncul dan koordinat sudah ada berarti GPS sudah siap dipakai.

Penambahan Halaman
  • Tekan tombol Menu dua kali, jika muncul halaman menu utama pilih SETUP
  • Tekan tombol ENTER
  • Pilih Page Squence lalu ENTER
  • Muncul tambahan halaman, kemudian tekan tombol ROCKER bawah sampai ada pilihan Add Page kemudian ENTER. Pilih Area Calculation dan akhiri dengan menekan tombol ENTER.
  • Jika sudah menambahkan halaman, langkah berikutnya adalah memunculkan halaman "Area Calculation" dengan cara menekan tombol PAGE beberapa kali.
  • Tekan tombol Start di halaman Area Calculation, setelah sobat ENTER tombol Start akan berubah menjadi tombol stop, apabila demikian artinya GPS sudah bisa digunakan untuk menghitung Luas Area.

Memulai Pengukuran

Cobalah sobat berjalan di area yang akan dihitung luasnya, dari titik A (awal) dan kembali ke titik A (akhir). Setelah berjalan mengelilingi area yang diukur, kemudian tekan tombol Stop. Nah nantinya di bawah tombol stop akan muncul hasil perhitungan area tersebut.

Pada halaman yang lain akan muncul keterangan dari hasil kalkulasi area yang sobat lakukan tadi, seperti:

  1. Name (tekan tombol ROCKER ke atas sampai ke Field Name untuk mengganti nama yang diinginkan). Kemudian tekan ENTER dan isi nama yang diinginkan.
  2. Informasi Distance (jarak), Area dan Color (warna).

Setelah semua selesai tekan tombol OK untuk menyimpan semua hasil pengukuran.
Catatan : GPS Garmin memiliki tingkat akurasi sekitar 5 - 15 meter, sehingga tidak disarankan untuk mengukur luas area. Untuk pengukuran yang lebih akurat sobat bisa menggunakan GPS tipe pemetaan atau GPS Geodetik yang akurasinya bisa mencapai 5mm-10mm.

Cara Memasukan Titik ke google Earth

Berikut langkah-langkah memasukan titik ke dalam Google Earth:

  • Buka aplikasi Google Earth kemudian pilih Add pada Menu, lalu pilih Placemark atau tekan Ctrl + Shift + P secara bersamaan.
  • Kemudian buatlah Placemark baru "New Placemark" dan input koordinat tempat yang akan di masukan, mulai dari Zone, Easting, Northing (jika koordinat UTM). Ubah nama titik tersebut sesuai dengan keinginan sobat, misal Testing1. Jika sudah selesai semua pilih OK.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menggunakan GPS garmin 60CSX atau 76CSx"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel