Mengenal Istilah dalam Penggunaan Perangkat GPS

Global Positioning System (GPS) merupakan sebuah sistem navigasi berdasarkan satelit yang digunakan untuk menentukan letak suatu lingkungan dan titik objek di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Kemudian sinyal tersebut diterima oleh alat penerima di permukaan dan kemudian digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah dan waktu. 

Sebenarnya GPS digunakan khusus untuk kepentingan militer Departemen Pertahanan Amerika Serikat, namun sekarang justru dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat umum untuk kepentingan komersial, rekreasi hingga olahraga. Tingkat keakuratan GPS dalam menentukan posisi bisa mencapai hingga 15 meter (49 feet) untuk seri GPS Garmii produk si tahun 1994.


perangkat penerima gps


Berikut adalah istilah umum GPS yang perlu anda ketahui:

Mode 2D
Sistem koordinat dua dimensi untuk pemetaan yang menggunakan paling sedikit 3 satelit.

Mode 3D
Sistem koordinat tiga dimensi untuk pemetaan yang menggunakan empat atau lebih satelit.

Kaki Aktif
Rute aktif navigasi perjalanan.

Waktu Akuisisi
Waktu yang diperlukan perangkat penerima GPS untuk bisa ke posisi awal dengan bantuan sinyal satelit. Secara umum, empat satelit bisa menentukan lokasi 3D dan tiga satelit bisa menentukan lokasi 2D.

Data Almanak
Satelit GPS mengirimkan data termasuk posisi orbit satelit, cluster hingga informasi lainnya. Data almanak bisa mempercepat pencarian satelit oleh penerima GPS.

Antilelucon
Departemen Pertahanan Amerika serikat mencegah penerimaan informasi dari pihak ketiga yang bisa mengacaukan sistem. Caranya adalah dengan mengirim informasi yang salah melalui bagian kode-P yang dimodulasi sedemikian rupa, dikenal juga dengan sebutan antilelucon.

Beacon
Sebuah stasiun transmisi nondireksional yang dirakit untuk meningkatkan keakuratan pemetaan GPS. Dipergunakan untuk mengalibrasi jarak semu GPS dan ini tergantung dimana sebuah stasiun transmisi ditempatkan. Bila unit penerima GPS berada di area sekitar menerima dan memanfaatkan data, maka keakuratan pemetaan menjadi lebih bisa ditingkatkan.

Jam Otomatis
Merupakan jam presisi yang memanfaatkan sesium atau rubidium elemen, margin galat diperkirakan menjadi satu detik untuk setiap jutaan tahun.

Kode Akuisisi Kasar (Kode C/A)
Satelit GPS memancarkan sinyal situs standar untuk digunakan oleh orang banyak. Termuat di dalamnya adalah informasi waktu bersama pemetaan perangkat penetima GPS yang keakuratan nilainya sampai 100.

Inisiasi Normal
Perangkat penerima sinyal GPS harus melaksanakan serangkaian tugas inisialisasi pada saat inisiasi sistem, misalnya saja ketika mengambil data alamanak. Nah proses inilah yang disebut juga dengan inisialisasi.

Segmen Control
Terdiri atas stasiun pemantau permukaan yang digunakan untuk melacak dan mengontrol operasi satelit. Fungsi utama segmen ini adalah agar setiap satelit dapat mengirim data yang sesuai dengan perangkat penerima si pengguna. Stasiun mengalibrasi dan memelihara parameter yang diperlukan untuk pengoperasian ke masing-masing satelit agar berjalan normal.

Koordinat
Sekumpulan angka dalam serangkaian garis dan titik yang dipadukan dengan format peta digital untuk menerangkan lokasi Anda di permukaan.

Waktu Universal Koordinat (UTC)
Berdasarkan pengukuran atomik pada tahun 1986, Greenwich Mean Time (GMT) ditetapkan sebagai waktu standar dunia. Dimana waktu standar paling mendasar (garis bujur nol) yang bukan berdasarkan waktu perputaran bumi. Menjadikan waktu standar ini digunakan untuk acuan waktu dalam sistem satelit GPS.

Lapisan
Pengkuran suatu arah dari titik awal sampai titik akhir dengan satuan derajat, radian dan mil.

Indikator Deviasi Lapisan (CDI)
Selama kegiatan navigasi berlangsung fitur CDI harus diaktifkan, ini berguna agar lebar lapisan dapat diatur sehingga penyimpangan berlebihan dapat dicegah sejak dini. Seperti pada kapal dan pesawat udara yang hendak menyimpang dari batas rute, maka GPS secara otomatis akan memberikan peringatan dengan menampilkan jarak yang telah menyimpang dari garis batas rute.

Original Layer (CMG)
Arah relatif yang sudah ditentukan dari titik awal ke lokasi saat ini.

Surface Layer (COG)
Gerakan arah relatif pada permukaan.

Steering wheel
Arah yang wajib diikuti untuk sampai ketujuan yang dimaksud.

Galat Lajur Silang (XTE/XTK)
Penyimpangan rute dari rute semula dan terlepas arah tujuannya.

Datum
Rancangan model matematika yang diaplikasikan dalam sistem komputasi di permukaan bumi. Menggunakan garis lintang dan garis bujur dalam menentukan sistem koordinat geodesi tertentu sebagai referensi.

Jejak Target (DTK)
Arah titik awal dan titik akhir pada kompas di antara titik lewat.

GPS Diferensial (DGPS)
Sebuah teknologi sistem navigasi yang berfungsi untuk meningkatkan keakuratan presisi GPS. Dengan adanya teknologi ini tingkat interfensi selektif, jeda transmisi dan kekurangan lainnya dapat diminimalisir. Tteknologi ini juga bisa mengurangi galat akurasi pemosisian satelit hingga 10 meter.

Pelemahan Presisi (DOP)
Jika kualitas hasil penerimaan dan bentuk geometriks di antara satelit yang diterima dengan pengguna saling berkaitan dan memiliki pengaruh sangat besar, galat yang dihasilkan dari fator ini disebut juga sebagai faktir pelemahan presisi. Keadaan ini dikelompokan sebagai berikut: PDOP (DOP Posisi), GDOP (DOP Geometrik), HDOP (DOP horizontal), VDOP (DOP Vertikal) dan TDOP (DOP Waktu).

DOD
Sebuah lembaga Departemen Pertahan Amerika Serikat yang bertanggung jawab dalam mengawasi sistem GPS.

Elevasi
Jarak rata rata vertikal dari permukaan laut.

Epemeris
Bagian dari pesan data satelit seperti data pemosisian satelit dan informasi waktu (sekumpulan epemerida berlaku dalam beberapa jam)

Perkiraan Galat Posisi (EPE)
Penggunaan sinyal DOP dan satelit menghasilkan galat yang digunakan untuk menentukan arah horizontal.

Perkiraan Waktu Rute (ETE)
Perkiraan waktu tujuan berdasarkan kecepatan saat ini.

Perkiraan Waktu Tiba (ETA)
Perkiraan waktu menuju ke titik tujuan.

Sistem Pemosisian Global
Sistem ini terdiri atas 24 satelit yang beredar di orbit daerah kutub. Kemudian dibagi lagi menjadi 6 jalur dan beredar pada ketinggian sekitar 20.200 km. Satelit ini membutuhkan 12 jam agar bisa mengelilingi bumi dan memberikan informasi real time ke unit penerima di permukaan. Para pengguna menyebutnya dengan sebutan sistem NAVSTAR.

GLONASS
Sebutan untuk sistem pemosisian satelit global di Rusia.

Greenwich Mean Time
Dengan adanya teknologi ini kita bisa menghitung waktu dari tempat lain di permukaan bumi dengan menggunakan meridian utama yang melewati Greenwich, Inggris. Istilah ini bisa juga disebut dengan Waktu Universal Terkoordinat.

Kisi
Diagram spasial umum yang terdiri atas garis vertikal dan horizontal. Kisi ini akan membentuk area persegi pada peta dan dapat digunakan ketika membuat titik antara.

Pentajukan
Arah gerakan kapal atau pesawat (lapisan aktual bisa berbeda mengingat perubahan kondisi angin dan benua).

I/O (Pilihan Antarmuka)
Fitur antarmuka yang digunakan untuk transfer data GPS satu arah atau dua arah antar perangkat penerima, misalnya, plotter navigasi, autopilot dan perangkat GPS lainnya.

Inisialisasi
Apabila perangkat GPS dihidupkan dan sudah menentukan suatu posisi untuk pertama kalinya, pada waktu berikutnya ketika di hidupkan kembali, perangkat GPS tersebut akan menggunakan data orbit satelit yang sudah disimpan sebelumnya. Posisi pematian terakhir kali dari perangkat penerima untuk menerima dan menghitung dengan cepat kootdinat lokasi ketika itu tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu informasi dari satelit.

Rute Balik
Rute baru yang memiliki titik tujuan sebagai titik awal baru dan titik awal asal sebagai titik tujuan baru.

Frekuensi L1
Transmisi melalui GPS pada satu dari dua jenis pembawa radio saluran L. Frekuensi L1 memiliki sekitar 1575,42 mHz dan panjang gelombang sekitar 19 cm. L1 ini dimodulasikan dengan dua jenis kode gangguan sem acak yang disebut sebagai kode C/A dan kode P, serta informasi pada 50 bps.

Frekuensi L2
Transmisi melalui GPS pada satu dari dua jenis pembawa radio saluran L. Frekuensi L1 memiliki sekitar 1227,60 mHz dan panjang gelombang sekitar 24 cm. L2 hanya dimodulasikan dengan kode P dan kecepatan informasi satelit sebesar 50 bps.

Garis Lintang
Lokasi utara dan selatar equator diukur dalam 0-90 derajat (setiap menit garis lintang setara dengan 1 mil laut).

Kaki (Rute)
Rute adalah jalur penjelajahan dari titik awal ke tujuan dan setiap titik adalah titik antara. Pada bagian di antara dua titik antara disebut sebagai kaki.

Layar Kristal Cair (LCD)
Layar ini menggunakan modul kristal air pada sebuah medan listrik sehingga berubah dan menghasilkan sebuah gambar digital. Ketika arus listrik melewati modul kristal cair, susunan molekul pada air akan berubah dan menghasilan pencitraan terpusat. Layar yang menggunakan teknologi seperti ini disebut dengan layar LCD.

Sistem Augmentasi Area Lokal (LAAS)
Mendukung GPS diferensial ketika pesawat terestrial mendarat pada jarak 20-mil.

Garis Bujur
Jarak yang dikur dalam derajat dari meridian utama di arah timur atau barat. Meridian ini merupakan garis bu7jur yang melewati Greenwich, inggris darfi kutub utara ke selatan.

Sistem pencarian Arah Radio Jarak Jauh (LORAN)
Memungkinkan penerima mengetahui dengan jelas posisi relatif dengan stasiun yang menggunakan karakteristik arah dari sistem radio sebagai titik referensi selama navigasi. Sistem ini biasanya digunakan dan dikembangkan oleh para penjaga pantai di Amerika Serikat.

Magnetik Utara
Observasi pada kompas magnetik berbasis jarum yang selalu menunjukan arah utara.

Variasi Magnetik
Kompas magnetik dapat menimbulkan galat yang dipengaruhi oleh perubahan pergerakan planet. Ini disebut penyimpangan magnetik utara dari utara sebenarnya (biasanya bergeser sekitar 3 derajat ke barat).

Tampilan Peta
Penggunaan peta yang menampilkan area geografis dan karakteristik lokasi.

Unit Penerima Multipleks
Merupakan salah satu teknologi perangkat penerima GPS, dimana channel yang digunakan untuk menerima sinyal dilakukan secara berangkai dari beberapa satelit. Kondisi yang demikian membuat akurasi pemosisian atau pemetaan menjadi rendah dan juga rentan terhadap efek gelap di hutan pedalaman.

Multilajur
Efek multilajur adalah sebuah Kondisi dimana Ketika sinyal GPS ditransmisikan dan kemudian diterima oleh antena melalui dua atau lebih jalur. Istilah ini mengacu pada efek sinyal pembawa multilajur dari perangkat penerima GPS yang dihasilkan refraksi penghambat disekitar.

Mil Laut
1 mil laut setara dengan 1.852 meter, ini merupakan satuan panjang untuk laut dan udara.

Navigasi
Aktifitas yang ditentukan oleh arah dan jalur. Aktifitas tersebut berupa gerakan pesawat, kapal, mobil, jalan kaki atau aktifitas lainnya.

Pesan Navigasi
Setiap perangkat penerima GPS terdapat fitur waktu sistem, parameter kalibrasi jam, parameter model jeda ionosferik, epemeris satelit dan data lain yang berhubungan dengan GPS. Informasi ini berfungsi untuk proses waktu GPS pengguna, lokasi dan kecepatan yang ditampilkan dalam bentuk data digital.

NAVSTAR
Kependekan dari Rentang Waktu dan Satelit Navigasi, sebuah nama untuk sistem satelit GPS yang secara resmi diberikan oleh pemerintah AS.

NMEA (Asosiasi Elektronik Kelautan Nasional)
Badan komite standar Amerika Serikat yang bertanggung jawab dalam menentukan struktur data, konten dan protokol komunikasi kapal dan unit penerima GPS.

NMEA 0183
Sebuah data standar protokol komunikasi yang digunakan perangkat penerima GPS hingga alat navigasi elektronik kelautan.

Tampilan Utara Atas
Bagian atas tampilan pada layar perangkat penerima GPS.

Perangkat Penerima Saluran Pararel
Digunakan untuk menerima sinyal satelit pada saluran penerimaan komposit secara berkesinambungan.

Kode-P
Suatu string kode panjang dari kode semu-acak fase-ganda yang dimodulasikan dalam bentuk gelombang pembawa GPS 10,23 mHz yang akan berulang setiap 267 hari. Setiap kode P satelit GPS bersifat khusus yang disetel ulang setiap minggunya.

Piksel
Satuan DOT dasar pembentuk gambar digital pada layar LCD (semakin banyak piksel maka semakin tinggi resolusi).

Posisi Pasti
Perangkat penerima GPS ketika sudah menghitung koordinat lokasi geografis.

Format Posisi
Metode perangkat penerima GPS dalam menentukan dan menampilkan posisi pada layar. Secara umum menampilkan derajat dan menit, bisa juga menampilkan derajat,menit dan detik atau hanya derajat saja atau jenis lain dari koordinat kisi.

Meridian Utama
Merupakan garis bujur nol derajat, sebagai referensi untuk mengukur garis bujur arah barat atau timur dan melewati Greenwich, Inggris.

Kode Semu-Acak
Salah satu angka biner yang memiliki nilai minimum atas korelasi otomatis dengan pengecualian kaki NOL. Rangkaian ini menyerupai kebisingan di alam.

Rentang Semu
Kondisi dimana waktu pemindahan perangkat penerima GPS harus menyalin kode GPS dan kemudian menyusunnya (berkolerasi). Waktu pemindahan adalah selisih antara waktu yang diukur pada waktu perangkat penerima dan waktu dari satelit.

Komite Teknik Radio untuk Layanan Maritim (RTCM)
Sebuah organisasi internasional yang bertanggung jawab dalam mengembangkan protokol komunikasi antara perangkat penerima GPS dan sebagai beacon radio, termasuk Protokol Siar DGPS.

Rute
Sejumlah titik antara yang terbentuk berdasarkan perintah navigasi rute target yang kemudian di input secara terurut ke dalam pernagkat GPS untuk tujuan navigasi.

Pencarian Langit
Pesan yang ditampilkan perangkat penerima GPS ketika menelusur langit untuk mendapatkan sinyal satelit.

Ketersedian Selektif (SA)
Gangguan acak yang digunakan untuk mengurangi keakuratan pemosisian GPS pada radius 100m. Gangguan ini sifatnya sementara, tanpa durasi pasti dan tidak bisa di kontrol. Pertimbangan utamanya adalah untuk keamanan nasional dalam departemen pertahanan Amerika Serikat.

Segmen Ruang
Bagian satelit dari sebuah sistem pemetaan global yang utuh.

Kecepatan di atas Permukaan (SOG)
Kecepatan real time perangkat GPS relatif terhadap permukaan. Terjadinya perbedaan atau selisih kecepatan di laut dan udara karena pengaruh kondisi di masing-masing area. Seperti contoh sebuah pesawat terbang pada 120 Knot di atas kecepatan angin 10 Knot yang memiliki kecepatan di permukaan hanya 110 Knot.

Mil Darat
Amerika dan Eropa menggunakan satuan ini untuk mengukur panjang (1 mil = 5280 kaki / 1760 yard (1609 meter).

Navigasi Garis Lurus
Jarak tanpa melakukan putaran dari satu titik ke titik lainnya.

Istilah 5

Lacak Balik
Fitur khusus perangkat GPS yang memungkinkan Anda bisa kembali ke posisi awal dari posisi saat ini.

Tampilan Jejak atas
Arah aktifitas yang selalu ditampilkan pada bagian atas layar.

Jejak (TRK)
Arah saat ini ketika dalam perjalanan relatif terhadap posisi di permukaan, hal ini mirip dengan COG.

Triangulasi
Ketika satelit mengorbit sekumpulan koordinat yang mewakili lokasi selalu tersedia (nilai yang dikenal). Untuk koordinat perangkat penerima GPS yang tidak dikenal, satelit mengirim informasi melalui waktu yang telah lewat (mewakili perbedaan jam waktu satelit dan jam perangkat penerima GPS). Kemudian dengan selisih waktu dikalikan dengan kecepatan transmisi radio (kecepatan cahaya) Anda dapat menghitung jarak antara satelit pengirim dan perangkat penerima GPS. Dengan sistem relasi trigonometri ini serangkaian formula dapat dikalkulasikan.

Balik (TRN)
Kesalahan rute yang terjadi membuat arah saat ini harus dikembalikan ke rute tujuan semula.

Garis Melintang Universal Merkator (UTM)
Format tampilan yang mengatur sistem koordinat proyektif di seluruh dunia. Mengukur jarak antara utara ke timur dengan menggunakan titik referensi. Lembaga Survei Amerika Serikat menggunakan sistem koordinat utama (UTM) ini sebagai peta topografi.

U.S.C.G
Sebuah organisasi Amerika Serikat yang secara khusus bertanggung jawab atas penyedia bantuan untuk seluruh kelautan negara tersebut, serta menyediakan GPS diferensial.

Antarmuka Pengguna
Fitur dimana pengguna dapat menukar informasi di perangkat penerima GPS mereka melalui layar dan tombol pada perangkat (alat) penerima GPS tersebut.

Segmen Pengguna
Sistem pemetaan satelit global mencakup perangkat penerima GPS.

Kecepatan Saat ini (VMG)
Kecepatan real time pada rute yang sesungguhnya.

Titik Antara
Titik sebuah lokasi yang telah disimpan dan dikenal di perangkat penerima GPS.

Sistem Augmentasi Area Luas (WAAS)
Sistem yang dikembangkan Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) untuk meningkatkan keakuratan perangkat penerima GPS.

WGS-84
WGS-84 adalah sistem koordinasi geodasi intenasional yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai protokol sistem koordinat permukaan bumi. Merupakan sebuah sistem yang dipakai di seluruh dunia (1984).

Demikian istilah yang sering dipakai dalam menggunakan perangkat penerima GPS. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah dalam Penggunaan Perangkat GPS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel