Cara Menggunakan GPS Garmin Montana 650

Cara Menggunakan GPS Garmin Montana 650 / 680 - GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System. Fungsi GPS itu sendiri adalah sebagai alat navigasi yang membantu kita dalam menentukan titik koordinat di permukaan bumi. Sebelumnya GPS hanya diperuntukan bagi mereka yang bergerak di bidang pemerintahan, inteligensi, militer dan kelautan. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya teknologi, penggunaan GPS semakin akrab di tengah-tyengah masyarakat. Sistem GPS juga bisa diaplikasikan melalui media gadget/smartphone untuk memberikan informasi posisi penggunanya.

Selain Badan Pemerintahan GPS juga sering digunakan oleh mereka para surveyor dalam semua bidang ahli yang berhubungan dengan pemanfaatan wilayah dan keruangan. Namun dalam 10 tahun terakhir ini, penggunaan GPS telah berkembang bersamaan dengan peralatan elektronik yang digunakan oleh banyak orang. Seperti memanfaatkan GPS untuk mobil, handphone atau bahkan beberapa individu satwa liar memanfaatkan GPS Collar untuk kepentingan dalam memantau wilayah jelajah mereka.

Peranan satelit sangat penting disini dalam penggunaan GPS. Telah diketahui terdapat 12 satelit yang menyebar ke berbagai titik orbit bumi, menjadikan GPS lebih akurat ketika dioperasikan. Kemampuan GPS saat ini sudah mampu mencapai tingkat akurasi 3 meter khususnya GPS yang berdiri sendiri, bukan berupa gadget yang hanya bisa beroperasi dari koneksi internet.

Pada penggunaan interaktif data yang tersimpan pada perangkat GPS baik itu titik koordinat atau dalam istilah GPS disebut Waypoint maupun Track akan diolah oleh aplikasi berbasis GIS (Global Information System) dan Remote Sensing (Pengindaraan Jarak Jauh). Aplikasi tersebut sudah familiar di tengah-tengah masyarakat kita, misalnya seperti apa? Yup pasti kita sudah sering menggunakan Google Map dan Google Earth dan aplikasi lain berbasis Android yang terhubung dengan kedua produk Google tersebut.

Perangkat GPS yang paling sering digunakan oleh banyak pihak adalah GPS yang diproduksi oleh Garmin. Dalam 10 tahun terakhir ini sudah banyak produk Garmin yang beredar di Indonesia. Khususnya para Traveller lokal yang menggunakan produk Garmin karena tingkat akurasi hingga 9 meter di lembah-lembah yang sempit. Beberapa produk Garmin yang umum digunakan oleh pengguna GPS di Indonesia berdasarkan tahun produksinya antara lain Garmin seri 12 XL, Garmin Etrex, Garmin 60s, Garmin 76 CSx, Garmin 64s, Garmin 78s dan Garmin Montana 650. Untuk seri Nuvinya adalah Garmin Nuvi 2567lm. Nuvi 55lm. Nuvi 65lm, Nuvi 57lm, Nuvi 67lm dan masih banyak lagi.


GPS Garmin Montana 650

Pada tutorial sederhana ini kita akan membahas mengenai penggunaan GPS khusus Garmin seri Montana 650. Seri ini merupakan produk terbaru dan terlaris yang sudah menggunakan touch screen dalam penggunaannya seperti gadget android yang kita pakai sehari-hari. Body berbahan khusus yang bercampur dengan karet, membuat GPS ini bisa digunakan pada semua jenis medan.

Sasaran Penggunaan

Tutorial Sederhana ini sengaja dibuat agar bisa memudahkan pengguna pemula dalam mengoperasikan perangkat penerima GPS Garmin Montana 650. Sebagai sasaran utama dari pembaca tutorial ini adalah para pengguna pemula baik itu traveller, pemerintahan, masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa.

Cara Memahami Tutorial

Dalam tutorial ini akan menampilkan beberapa gambar dengan keterangan fitur masing-masing GPS. Fitur-fitur yang akan dibahas adalah fitur umum dan penting yang sering digunakan dalam proses navigasi pemetaan tata ruang suatu wilayah hingga membantu perjalanan Traveller.


Fitur-fitur tersebut antara lain:
  1. Penyimpanan Waypoint secara langsung
  2. Penyimpanan Waypoint dengan menggunakan foto
  3. Pencarian Waypoint
  4. Penelusuran Waypoint
  5. penggunaan Kompas
  6. Menyimpan Jejak (Track)

Pemasangan Baterai

GPS Garmin Montana 650 didukung oleh 3 baterai alkaline jenis AA, yang dipasangkan pada bagian belakang body. Untuk pemasangan baterai, bukalah penutup baterai dengan cara memutar kunci D pada bagian belakang GPS seperempat putaran yang berlawanan arah jarum jam. Kemudian masukan baterai sesuai dengan polaritas yang sudah ada. Jika sudah, tutup kembali baterai dengan memutar kunci D searah dengan jarum jam.

Inisialisasi GPS Garmin Montana 650

Sebelum memulai mengoperasikan GPS Garmin untuk navigasi, hal pertama yang dilakukan adalah dengan menentukan posisi kita saat ini. pergilah ke tempat terbuka yang cukup luas sambil membawa GPS Garmin 650. Tekan dan tahan tombol POWER untuk menghidupkan GPS, kemudian kita akan melihat halaman muka selama beberapa detik sebelum GPS Garmin melakukan inisialisasi secara otomatis. Disini GPS Garmin membutuhkan setidaknya 4 sinyal satelit agar bisa menentukan posisi.

Pencahayaan Layar dan Kejelasan Gambar

Tekan dan lepaskan tombol POWER untuk menghidupkan lampu layar. Setelah 30 detik pemakaian, lampu layar akan redup  secara otomatis guna menghemat baterai. Untuk menyesuaikan tingkat kejelasan gambar pada layar, tekan dan lepaskan tombol POWER, lalu tekan tombol DOWN untuk membuat layar lebih gelap dan tekan tombol UP untuk membuat layar lebih terang.

Memilih Halaman

Kita bisa memilih salah satu dari enam halaman utama (layar tampilan pembuka) untuk bisa mengoperasikan GPS Garmin Montana 650 - 680 dan melihat semua informasi yang dibutuhkan. Halaman-halaman tersebut antara lain Satelit, Trip Komputer, Peta, Kompas, Altimeter dan Main Menu. Tekan tombol PAGE untuk memilih halaman-halaman tersebut sampai kita menemukan halaman yang di inginkan.


Halaman GPS Garmin Montana 650

Fitur

Cara Menggunakan Menu

Tombol Ʌ untuk membuka menu halaman
Tombol X untuk menutup halaman dan kembali ke menu sebelumnya
Tombol ← untuk bisa kembali ke halaman sebelumnya
Tombol ü untuk menyimpan data ketika ada perubahan dan menutupnya
Tombol ↑ untuk ke atas dan ↓ untuk kebawah
Tombol = untuk membuka menu

Sinyal Satelit

Sebelum GPS benar-benar dioperasikan, pastikan bahwa sinyal dari satelit bisa terhubung. Perhatikan statistik sinyal apakah bisa menangkap sekurang kurangnya 4 sinyal satelit GPS. Lihat juga angka di bawah tulisan GPS di pojok atas kanan apakah menunjukan kurang dari sembilan. Hal ini dilakukan agar penentuan posisi dapat lebih akurat dalam mengukur titik koordinat.

Sistem waktu dan lokasi barlaku secara otomatis berdasarkan posisi GPS ketika sedang digunakan.

Pengaturan Waypoint dan Track

Sebuah titik koordinat lokasi yang terekam dan disimpan dalam GPS yang digunakan sebagai arah petunjuk jalan nantinya dinamakan Waypoint.

Membuat Waypoint


membuat waypoint

Kita bisa menyimpan posisi sebagai waypoint

1. ilih icon bendera merah untuk membuat Mark Waypoint
2. Pilihan selanjutnya: 
  • Pilih save untuk menyimpan waypoint tanpa perubahan 
  • Pilih Edit sebelum menyimpan untuk membuat perubahan pada waypoint.
Tekan ENTER pada name waypoint name dan symbol untuk mengganti nama waypoint dan simbol waypoint sesuai keinginan Anda.

Membuat Track
Berikut adalah cara membuat Trek pada GPS Garmin Montana 650:
Tekan tombol MENU dua kali, lalu pilih Track

  • Pilih Clear (jika presentase memori yang digunakan belum 0%), kemudian tekan ENTER. Akan muncul konfirmasi dan pilih OK
  • Setelah Track sudah 0% berarti Track baru siap digunakan.
  • Pilih Track Log ON dan tekan ENTER untuk membuat Track baru
  • Setelah selesai simpan Track dengan cara memilih Track Manager > Jejak Terkini (Current Track) > SAVE Track > ENTER
keterangan gambar waypoint


Keterangan Gambar Waypoint

  1. Lambang Waypoint
  2. Nama Waypoint
  3. Tuliskan informasi titik lokasi jika diperlukan
  4. Keterangan koordinat GPS
  5. Ketinggian posisi saat ini diatas permukaan laut
  6. Kedalaman posisi saat ini dibawah permukaan laut
  7. Simpan Waypoint
  8. Batal simpan
  9. Menu utama


Penelusuran Waypoint


  • Pilih tombol Where To
  • Pilih Waypoint
  • Pilih Waypoint yang akan dituju
  • Pilih GO

Tampilan pada layar ketika memperlihatkan waypoint yang akan dituju


penelusuran way point


Keterangan Gambar

Lokasi GPS
Arah sudut kompas target waypoint
Target waypoint yang akan dituju

Penyimpanan Track


  • Pilih dan sentuh fitur Track Log On untuk mengaktifkan fungsi penyimpanan Track
  • Pilih dan sentuh fitur Track Log Off untuk menonaktifkan fungsi penyimpanan track
  • Pilih dan sentuh fitur Track Manager untuk menyimpan dan melihat Track yang tersimpan
  • Pilih dan sentuh tanda ← untuk menuju kehalaman On/OFF Track
  • Pilih Current Track untuk menyimpan Track terbaru
  • Pilih Save Track untuk menyimpan Track


Demikian tutorial sederhana cara menggunakan GPS Garmin Montana 650. Semoga bisa bermanfaat khususnya para surveyor yang sedang melakukan tugas pengukuran batas desa yang menggunakan teknologi GPS. Mengingat penggunakan GPS di masa depan akan semakin dibutuhkan, semoga tutorial ini bisa menjadi rujukan dalam penggunaan GPS kepada pihak lain yang membutuhkan panduan penggunaan GPS. Tutorial garmin montana 680 / montana 650.

1 Komentar untuk "Cara Menggunakan GPS Garmin Montana 650"

  1. Harus ada cara membaca akurasi gps, apakah setelah di average atau sebelum

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel