Sebelum membeli, Pahami Tips Memilih GPS Tracker Untuk Mobil Ini Dulu!

Tips Memilih GPS Tracker Mobil - Apa sih GPS tracker itu? GPS tracker/tracking atau GPS Pelacak adalah alat berteknologi tinggi yang dapat memantau posisi mobil, motor atau kendaraan lainnya saat itu (real time). GPS Tracker ini memanfaatkan GSM untuk menentukan titik koordinat kendaraan dan kemudian akan ditampilkan di peta digital.

gps tracker motor mobil

Kenapa Anda wajib memasang GPS Tracker di mobil atau motor Anda?

Ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang didapat apabila Anda memasang GPS Tracker ini. Berikut adalah beberapa keuntangan apabila Anda pasang GPS Tracker di mobil Anda:

Antisipasi apabila mobil, motor Anda hilang atau dicuri
Posisi pencuri kendaraan akan terlacak secara langsung dan ini sangat membantu pihak kepolisian.

Agar kendaraan tidak disalah gunakan
Contoh yang mungkin terjadi semisal anak Anda ingin berangkat kuliah namun ternyata mampir ke tempat lain, maka Anda dapat mengetahui ia jujur atau tidak.

Memudahkan pengaturan jadwal
Jika Anda memiliki Usaha Armada, Transportasi, Travel, Jasa Ekspedisi, Alat Berat, Rental, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatur jadwalnya, sehingga produktifitas dan efisiensi perusahaan bisa lebih baik.

Mengetahui posisi kendaraan
Ini merupakan tujuan utama memasang GPS tracker di kendaraan Anda. Contoh sederhana, apabila mobil Anda sedang di pinjam maka Anda dapat mengetahui posisi kendaraan.

Monitoring konsumsi bahan bakar
Memantau jarak yang ditempuh bisa memperkirkan jumlah bahan bakar yang digunakan, sehingga akan membuat perusahaan Anda bisa mencatat secara akurat biaya bahan bakar yang digunakan.

HOur Meter
Ini khusus bagi Anda yang memiliki usaha Alat Berat seperti Excavator dan sejenisnya, fitur ini berguna sebagai pencatat waktu kendaraan hidup dan mati.

Perekam suara percakapan yang handal di kabin kendaraan
Anda dapat mengetahui percakapam yang terjadi di dalam kendaraan secara real time.

Menjadi lebih tenang dan aman untuk mobil, motor atau kendaraan Anda.

Dan masih banyak sekali keuntungan yang didapat apabila Anda memasang GPS TRacker di kendaraan Anda.

Tips Memilih GPS Tracker Kendaraan


Jika Anda berencana ingin membeli GPS Tracker. Kami punya sedikit tips yang mungkin akan berguna untuk Anda.. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih GPS Tracker:

1. Jenis Sistem Trackingnya
Pastikan GPS Tracker yang Anda beli memiliki Tracking System yang lengkap. GPS Tracker yang bagus tidak hanya dapat memantau atau melacak kendaraan saja, namun juga dapat memantau Rute perjalanan selama beberapa bulan terakhir, kecepatan, Penyadapan suara, Sensor batas kecepatan, Tombol darurat [SDS]. fitur mematikan mesin dari jarak jauh (Engine Cut Dff), sensor mesin kendaraan (hidup/mati), dan lain sebagainya.

2. Real Time Pelacakan (Secara langsung)
Pastikan GPS Tracker tersebut mempunyai kemampuan pelacakan secara Real Time. Selain itu, posisi kendaraan juga harus akurat.

3. Memiliki sistem monitoring dan Aplikasi
Pilih GPS Tracker yang sudah dilengkapi dengan sistem monitoring yang mudah dipahami, serta aplikasi yang singkron di banyak perangkat, seperti Komputer, Laptop, HP Android dan gadget lainnya.

4. Memiliki fitur data laporan (history perjalanan)
Pastikan bahwa web server GPS tracker menyediakan History perjalanan lengkap, mudah dibaca, dipahami dan dapat diunduh dengan format yang sudah didukung sehingga bisa dijadikan bukti yang valid atas aktifitas kendaraan selama perjalanan.

5. Memiliki Server Center
Sebaiknya pilih GPS Tracker yang memiliki server center sendiri. Usahakan dikelola oleh pihak perusahaan sendiri dan lebih bagus lagi punya double server (back up server), ini akan memudahkan kita mengakses kendaraan sendiri kapanpun dan dimanapun. Usahakan tidak membeli GPS tracker yang servernya sendiri menyewa dari penyedia hosting, dan jangan sekali-kali numpang di Hosting gratisan.

Perbandingan server sendiri dan Server sewa/Menumpang

Server Sendiri (Untuk Perusahaan Pribadi)
Server Sewaan/Menumpang
Perawatan server lebih baik karena memiliki tim support sendiri
Tidak ada perawatan khusus, sebab sistemnya global dan tidak optimal
Update atau Upgrade fitur lebih cepat, sebab dilakukan oleh perusahaan
Update dan Upgrade cenderung statis dan dibiarkan begitu saja
Kuota penyimpanan lebih besar, sebab dikhususkan untuk penyimpanan data konsumen
Kuota penyimpanan sangat terbatas
Waktu akses lebih cepat, sebab server disediakan khusus untuk mengolah data GPS saja
Waktu akses jauh lebih lambat, sebab membaca segala macam jenis data. Trafik pengunjung juga tinggi secara bersamaan sehingga sangat tidak efektif
Keamanan data lebih terjamin
Tidak ada security system didalamnya

6, Perhatikan kualitas, Bukan harga!
Jangan mudah kepincut dengan harga murah. Ada Harga Ada Kualitas! Ada berjuta-juta GPS murah yang dijual dipasaran namun kualitas sangat buruk. Di sisi lain pada hukum wajib sebuah produk elektronik, semakin mahal maka semakin tinggi pula teknologi, lengkap fiturnyam dan yang terpenting pelayanan marketingnya.

7. Team Support Provider
Sebelum membeli, pastikan bahwa GPS Tracker tersebut memiliki layanan support, teknisi berpengalaman yang siap membantu Anda. Jangan sampai ketika sudah mengeluarkan uang yang banyak, tapi pelayanan sangat mengecewakan bahkan tidak ada teknisi yang dapat memasang GPS Tracker Anda.

8. Eksistensi perusahaan
Perhatikann toko atau perusahaan yang Anda kunjungi. Akhir-akhir ini banyak toko dan perusahaan distributor GPS yang berdiri, namun tidak sendikit yang tidak konsistem hingga toko dan perusahaan distributor tersebut tutup. Jika GPS Tracker yang Anda beli tidak ada lagi dukungan dan layanan, maka tidak akan ada lagi fungsi yang didapat.

9. Ijin resmi dan Sertifikasi Dirjen Postel
Ini salah satu keutamaan terpenting. Pastikan produk GPS Tracker yang Anda beli sudah dilengkapi dengan sertifikat dan mendapatkan ijin resmi dari keominfo.

Nah itulah tips untuk memilih GPS Tracker, Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin membeli GPS Tracker mobil, motor atau kendaraan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Sebelum membeli, Pahami Tips Memilih GPS Tracker Untuk Mobil Ini Dulu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel